Pemilik Ucika Fashion (Foto: Ist)

Ayo Biz

Mandiri di Balik Usaha Sendiri, Buktikan Wanita Bisa Berdikari

Rabu 06 Agu 2025, 11:06 WIB

AYOBANDUNG.ID -- Siapa bilang perempuan tak bisa mandiri secara finansial? Ida Zuhida, atau yang akrab disapa Uci, justru membuktikan sebaliknya.

Bermula dari keinginan memenuhi kebutuhan rumah tangga, ia berhasil membangun brand Uciku Fashion. Uci memulai usahanya dari hal yang sederhana, menggunakan honor menulis sebagai modal awal.

“Dulu, saya masih aktif menulis. Honor dari situ saya pakai buat belanja barang dagangan,” kenangnya.

Produk-produk awalnya ia jual ke tetangga dan teman kantor. Namun, sistem beli-putus ini kerap menyulitkan saat ada permintaan ulang barang yang sudah habis.

Akhirnya, Uci memutuskan untuk beralih ke produksi sendiri, membeli mesin jahit, dan merekrut penjahit. Langkah ini menjadi titik balik dari bisnis kecilnya.

Kini, Uciku Fashion tak hanya dikenal di lingkungan sekitar, tapi juga telah rutin tampil dalam berbagai pameran. Termasuk di Bandung maupun kota-kota besar lain seperti Jakarta.

Kesulitan Membangun Bisnis

Selain menjajakan produknya secara langsung, Uci juga aktif menjual secara daring dari rumahnya di kawasan Kopo, Bandung. Namun, perjalanan usahanya tidak selalu mulus.

“Kerugian itu sudah sering, malah sampai gak mau dihitung karena takut stres,” ujarnya sambil tertawa.

Ia menjelaskan bahwa sistem penjualan daring membuat risiko bisa ditekan.

“Gak perlu sewa toko, semua dikirim setelah konsumen transfer. Kalau rugi ya biasanya karena gagal produksi, tapi tetap dijual meski di bawah modal, yang penting gak terbuang,” katanya.

Menariknya, Uci memilih tidak terlalu bergantung pada dukungan pemerintah secara langsung.

“Saya bukan yang dinaungi dinas. Tapi pernah ikut pelatihan dan pameran dari Dinas UMKM maupun Kementerian,” jelasnya.

Justru, ia merasa berkembang lewat jejaring dan komunitas. Uci pernah aktif di IWAPI, KADIN, dan bahkan ikut membentuk Komunitas Fashion Jabar, tempat para pelaku usaha saling berbagi pengalaman dan peluang.

Bagi Uci, kunci sukses usaha di era digital adalah membangun kepercayaan konsumen, menjaga kualitas, dan memberikan layanan yang baik.

“Media sosial dan marketplace sekarang jadi senjata utama. Tapi tetap, yang bikin orang balik beli lagi itu karena puas dengan pelayanan dan kualitas,” tutupnya.

Informasi Uchiku Fashion

Alamat: Jl. Rahayu Raya Bumi Asri 7 No.3 No.132, Kopo, Kec. Margaasih, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40218

Jam Operasional: 08.00 - 16.00 WIB

Telepon: 0812-3888-8234

Link Pembelian Produk Serupa

1. https://s.shopee.co.id/8Kf6XwEm4y

2. https://s.shopee.co.id/6Aabxy0cWM

3. https://s.shopee.co.id/7AT99oUIC5

4. https://s.shopee.co.id/4ApXaJTHLV

5. https://s.shopee.co.id/6VDSMcKCLy

Tags:
kopobisnis fashionfashion bandungumkm bandung

Rizma Riyandi

Reporter

Rizma Riyandi

Editor