Bagi siswa dan mahasiswa, AI tidak hanya menjadi teknologi pelengkap, tetapi juga alat yang secara langsung mempengaruhi cara mereka belajar dan mengakses informasi. (Sumber: Unsplash/Markus Winkler)

Ayo Netizen

Kecerdasan Buatan bagi Mahasiswa: Peluang atau Ancaman?

Selasa 12 Agu 2025, 18:11 WIB

Dalam era globalisasi yang kian berkembang pesat, kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) telah menjadi inovasi yang membawa perubahan besar dalam berbagai sektor, termasuk pendidikan.

Bagi siswa dan mahasiswa, AI tidak hanya menjadi teknologi pelengkap, tetapi juga alat yang secara langsung mempengaruhi cara mereka belajar dan mengakses informasi.

Menurut survei Educause Horizon Report (2023), lebih dari 86% mahasiswa di berbagai perguruan tinggi sudah menggunakan AI dalam kegiatan akademik mereka, seperti menulis, mengedit, riset, dan tugas, termasuk penggunaan chatbot, platform pembelajaran adaptif, dan analitik pembelajaran berbasis AI.

Ada berbagai dampak nyata dari AI dalam dunia pendidikan, salah satunya adalah peningkatan produktivitas mahasiswa. Dengan berbagai aplikasi berbasis AI seperti Grammarly, Notion AI, hingga ChatGPT, mahasiswa dapat mengerjakan tugas, menyusun tugas, mengedit tulisan yang dapat disesuaikan dengan gaya tulisan yang diinginkan, serta mencari ide dengan lebih efisien.

Alat bantu ini memungkinkan para siswa dan mahasiswa menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam waktu yang lebih singkat sehingga waktu belajar menjadi lebih produktif.

Survei dari Ruffalo Noel Levitz (2024) menunjukkan bahwa 51% mahasiswa menyatakan penggunaan AI membantu mereka meraih nilai akademik yang lebih baik, dan banyak dari mereka merasa bahwa AI menjadikan proses belajar lebih efisien serta terstruktur.

Selain meningkatkan produktivitas, AI juga memudahkan akses informasi bagi pelajar. Dengan kehadiran search engine (mesin pencari) berbasis AI, platform edukatif berbasis AI, dan asisten digital, mahasiswa kini dapat lebih cepat menemukan referensi relevan, menerjemahkan bahan dalam bahasa asing, dan memahami konsep yang kompleks.

Dalam survei yang dilakukan oleh Number Analytics (2025), platform AI adaptif yang digunakan oleh Arizona State University telah terbukti meningkatkan tingkat kelulusan sebesar 24% dan kepuasan pelajar hingga 90% karena dapat memberikan materi pembelajaran sesuai dengan apa yang dipelajari individu.

Penggunaan AI mendukung adaptivitas         

Salah satu alat bantu untuk meningkatkan daya nalar manusia dengan menggunakan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence). (Sumber: Pexels/Matheus Bertelli)

Proses pembelajaran yang bersifat adaptif juga didukung oleh AI. Teknologi AI memungkinkan pembelajaran disesuaikan dengan gaya, kebutuhan, dan kecepatan belajar tiap individu.

Berdasarkan studi dalam penelitian yang dilakukan Zhiyi Xu (2024), integrasi AI dalam pendidikan dapat menciptakan lingkungan belajar yang dipersonalisasi dan inklusif, yang berdampak positif pada motivasi, keterlibatan, serta peningkatan hasil akademik siswa.

Studi kasus yang dilakukan di kelas matematika menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan sistem pembelajaran berbasis AI mengalami peningkatan performa akademik, kemajuan belajar yang lebih lancar, serta kepercayaan diri yang lebih tinggi dalam memahami materi.

Dengan pembelajaran yang lebih personal dan responsif, mahasiswa lebih mudah memahami materi dan termotivasi untuk belajar mandiri. Ini menciptakan lingkungan belajar yang lebih fleksibel sesuai dengan kemampuan masing-masing mahasiswa.

Tentu saja, AI bukanlah teknologi tanpa celah. Ketergantungan berlebihan, serta potensi penyalahgunaan untuk mencontek atau plagiarisme tetap menjadi tantangan. Namun, masalah ini dapat diatasi melalui literasi digital dan etika akademik yang kuat.

Jika ada pengawasan yang tepat, AI justru bisa membentuk karakter belajar yang mandiri, cerdas, dan adaptif. AI membawa peluang besar dalam meningkatkan produktivitas, akses informasi, dan adaptivitas pembelajaran bagi siswa dan mahasiswa.

Pun jika dimanfaatkan secara bijak, AI bukan hanya alat bantu, tetapi mitra dalam menciptakan generasi pembelajar yang lebih siap menghadapi masa depan.

Dalam pernyataan World Economic Forum (2023), keterampilan adaptif dan kolaborasi dengan teknologi seperti AI akan menjadi salah satu kompetensi paling dibutuhkan dalam dunia kerja masa depan. (*)

Daftar Pustaka

Tags:
mahasiswaAIArtificial Intelligencekecerdasan buatan

Jovander Antolin Khosasih

Reporter

Aris Abdulsalam

Editor