Menerima Kitab Yang Empat Konghucu (Sumber: Dokumentasi Pribadi | Foto: Salah Seorang Kawan Penulis)

Ayo Netizen

12 Agama yang Membentuk Hidup Kita

Senin 06 Okt 2025, 15:42 WIB

Sering kali kita melihat agama-agama dunia hanya dari satu sisi, yang diseragamkan, diserempakkan. Kita selalu membayangkan semua agama memiliki konsep Tuhan yang personal, sang pendiri, dan keyakinan pada alam baka.

Padahal di balik struktur yang tampak sederhana itu, tersimpan kedalaman yang luar biasa. Setiap agama adalah dunia yang tersendiri, penuh ritual, cerita, dan filosofi yang membentuk cara manusia memahami hidup, relasi sosial, dan alam semesta. Agama membantu kita untuk berpikir ulang tentang eksistensi.

Kali ini kita akan melihat bahwa agama-agama tidak selalu seiring sejalan. Mereka bisa berbeda, bahkan bertentangan satu sama lain. Variasi ini bukan diarahkan untuk saling memusnahkan, tetapi untuk memperkaya dunia, temasuk dalam hidup sehari-hari.

Keunikan yang tersembunyi di balik agama-agama bukan hanya soal wacana yang berat dan jauh, tapi juga tentang membuka mata terhadap kompleksitas peradaban manusia yang letaknya ada di jantung kita sendiri. Setiap tradisi religius adalah perjalanan, yang menawarkan perspektif baru. Ia kadang menantang, kadang membingungkan, tetapi selalu saja membuat kita terpukau. Sekalipun kita "mengamalkan" ajarannya sebagai praktik adaptasi di dunia kontemporer.

Dan saat kita mulai menyelami lapisan-lapisan ini, kita tak hanya belajar tentang agama orang lain, melainkan menemukan cara baru dalam melihat diri sendiri, sesama, dan dunia di sekitar kita.

Sebelum Era Umum

Di dataran India kuno, Sanatana Dharma lahir (2000-1500 Sebelum Era Umum), berakar pada Veda dan Upanishad. Hindu menampilkan dunia yang kaya dan berlapis. Empat jalan yoga untuk mendekatkan diri pada Ilahi, sistem kasta sebagai pengelompokan sosial, tingkatan asrama yang menandai fase kehidupan, dan berbagai sampradaya atau aliran. Hindu mengajarkan karma dan darma sebagai pedoman etika, sementara yoga merambat melintasi waktu jadi bagian dari jadwal kita sekarang.

Beberapa abad kemudian, Yahadut muncul di Palestina kuno (abad ke-13-12 Sebelum Era Umum), menekankan monoteisme melalui YHWH dan hukum Taurat. Tokoh pentingnya yang ada dalam tradisi ini ialah Moshe, menegaskan hubungan manusia dengan Tuhan dan tanggung jawab etis. Keunikan Yahudi adalah identitasnya yang lokal sekaligus transformatif, melalui diaspora, nilai-nilainya menjadi fondasi bagi agama-agama Abrahamik lain dan membentuk sejarah religiusitas manusia. Kita mewarisi pembagian waktu sepekan dalam 7 hari termasuk libur di dalamnya.

Mazdayasna lahir di Iran kuno (abad ke-10-6 Sebelum Era Umum), diperkenalkan oleh Zarathustra. Agama ini menekankan dualisme moral-kosmik antara Ahura Mazda dan Angra Mainyu, gagasan surga, neraka, dan juru selamat. Meskipun pengikutnya kini kecil, ajaran ini telah memberi inspirasi besar pada etika dan kosmologi tradisi lain. Kita pun masih kedapatan idenya tentang free will, etika dikotomis baik-buruk, sampai narasi pertarungan di film Star Wars.

Pelinggih Khas Umat Hindu Bali (Sumber: Dokumentasi Pribadi | Foto: Arfi Pandu Dinata)

Di India, Jain Dharma muncul (abad ke-6-5 Sebelum Era Umum) sebagai bagian dari gerakan Sramana, dipelopori oleh Mahavira. Dengan menekankan Ahimsa, Jain menjadi laboratorium etika non-kekerasan dan pengendalian diri. Kita memakai gaya hidup ini lewat vegetarianisme, suaka margasatwa, dan kesadaran lingkungan global. 

Pada periode yang sama, Buddhadharma lahir melalui Siddhartha Gautama (Buddha Sakyamuni). Dengan Empat Kebenaran Mulia dan Jalan Tengah, ajaran Buddha menggeser perhatian dari ritual semata menuju praktik etis dan meditasi. Kita ikut trennya lewat wacana mindfulness di dunia modern.

Di Tiongkok, Rujia muncul (abad ke-6-5 Sebelum Era Umum) dengan Kongzi (Konfusius) sebagai tokoh utama. Ajarannya menekankan etika, humanisme, dan tata sosial yang membentuk budaya Tiongkok selama ribuan tahun, serta memengaruhi norma bakti pada orang tua dan keluarga. Kita menginternalisasi nilainya soal pentingnya pendidikan yang bisa mengubah arah dunia.

Tidak jauh dari situ, Daojia lahir (abad ke-4-3 Sebelum Era Umum) melalui Laozi, menawarkan ajaran mistik yang menekankan wu wei, hidup selaras dengan Dao, Ziran, Yin-Yang, Pu, dan Te. Agama ini membimbing meditasi, seni, filosofi ekologis, dan memberi pengaruh nyata pada kesehatan tradisional Tiongkok, termasuk akupunktur. Jangan-jangan cara ini yang suka kita pakai jika salah satu anggota keluarga kita ada yang sakit.

Setelah Era Umum

Kristen muncul di Palestina (abad pertama Era Umum), dengan tokoh utama Yesus Kristus. Ajarannya tentang kasih, pengampunan, dan penebusan dosa mendorong transformasi moral individu sekaligus tanggung jawab sosial. Pengaruhnya paling terasa di Eropa dan Amerika, membentuk norma sosial, sistem hukum, pendidikan, serta karya seni, musik, dan literatur. Kita menemukan maknanya lewat kalender “Masehi” yang kerap menjadi acuan bagi waktu global. Termasuk dalam pembagian sub-bagian tulisan ini. 

Di Jepang, Shinto (yang tertulis abad ke-8 Era Umum) tetap menjadi agama lokal yang intim dengan alam, leluhur, dan Kami, membentuk identitas budaya nasional yang khas. Nilai yang kita nikmati sebagai hiburan sepanjang menonton serial anime

Media Tanah Liat untuk Doa Labirin (Sumber: Dokumentasi Pribadi | Foto: Arfi Pandu Dinata)

Sementara itu, di Jazirah Arab, Islam lahir (abad ke-7 Era Umum) melalui Nabi Muhammad. Ajarannya menekankan keesaan Tuhan yang biasa disebut tauhid, darinya bersumber tradisi pemikiran yang kaya dan inspirasi solidaritas sosial. Prinsip hukum dan norma sosialnya menyebar jauh. Kita berinteraksi hari ini dengan bank syariah maupun makanan halal sebagai warisan global.

Sikh Dharma lahir di India (abad ke-15 Era Umum), dipelopori oleh Guru Nanak. Agama ini menekankan egalitarianisme, monoteisme, penolakan kasta, dan integrasi disiplin spiritual dengan prinsip damai. Praktik sehari-hari seperti Langar dan simbol 5 Ks menegaskan solidaritas dan pelayanan. Kita bisa merasakannya lewat budaya kebersamaan di organisasi sosial.

Baha’i muncul di Persia (abad ke-19 Era Umum) melalui Baha’u’llah, menekankan persatuan Tuhan, agama, dan universalitas manusia. Ajarannya mendorong pendidikan, perdamaian, dan keterbukaan lintas budaya. Warisan yang terasa dekat adalah semangat toleransi dalam kehidupan sehari-hari, misal doa dan kerja sama lintas agama, pendidikan global, dan kesadaran akan kemanusiaan.

Sekarang

Agama-agama di dunia datang terus menerus. Saat kita menelusuri perjalanannya, terlihat bahwa warisan mereka bukan hanya sejarah, ajaran atau teks kuno, tetapi bagian dari kehidupan kita sehari-hari.

Dari hari libur setiap pekan, mindfulness yang membentuk keseharian modern, hiburan film, sampai makanan semuanya adalah jejak nyata tradisi religius yang masih hidup bersama kita.

Agama-agama dunia, dengan keragaman dan keunikannya, mengajarkan kita untuk melihat hidup dari perspektif yang berbeda, memahami orang lain, dan menemukan harmoni dengan dunia sekitar. Mereka menuntun kita bukan hanya pada refleksi spiritual, tetapi juga pada tindakan nyata dalam kehidupan sehari-hari. Dalam cara kita bekerja, belajar, merawat lingkungan, menerima diri, dan membangun hubungan. Dengan demikian, mengenal agama-agama dunia adalah salah satu langkah yang tepat untuk menyadari bahwa kita sehari-hari hidup dalam warisan mereka. (*)

Tags:
agamareligieksistensi

Arfi Pandu Dinata

Reporter

Aris Abdulsalam

Editor