Perjuangan Raidha Bergelut Jadi Pelopor Fashion Kimono Akhirnya Berbuah Manis

Rizma Riyandi
Ditulis oleh Rizma Riyandi diterbitkan Senin 25 Agu 2025, 07:58 WIB
Owner Raikeni, Raidha Nur Afifah (Foto: Rizma Riyandi)

Owner Raikeni, Raidha Nur Afifah (Foto: Rizma Riyandi)

AYOBANDUNG.ID -- Menjadi produktif saat menyelesaikan tesis menjadi titik awal lahirnya Raikeni, brand lokal yang kini dikenal sebagai salah satu pelopor kimono batik di Indonesia. Sang pendiri, Raidha Nur Afifah, memulai perjalanan bisnisnya pada Mei 2019 dengan modal Rp800 Ribu.

Saat itu, Raidha banyak mencari informasi tentang produk fesyen yang dibutuhkan orang dan memiliki peluang pasar luas. Pilihannya jatuh pada outer, namun ia ingin lebih spesifik.

Dari berbagai opsi outer, kimono menarik perhatiannya. Alasannya sederhana, kimono memiliki bentuk unik, longgar, dan belum banyak pemain di pasar lokal.

"Tapi karena kami cinta Indonesia, jadi kami padupadankan dengan kain etnik seperti Batik dan Songket," tutur Raidha pada Ayobandung.id.

Langkah awalnya langsung membuahkan hasil. Produk kimono pertama yang ia pasarkan di Tokopedia mendapat sambutan luar biasa.

Raidha berhasil membukukan omzet dua kali lipat dari modal awalnya hanya dalam hitungan hari. Produknya langsung ludes terjual dalam tiga hari, meski kala itu masih diproduksi secara maklon.

Raidha terus berinovasi memadukan kimono dengan unsur budaya Indonesia. Perpaduan inilah yang membuat Raikeni berbeda, sekaligus memperkuat visinya agar kimono bernuansa Indonesia bisa digunakan banyak orang, baik di dalam maupun luar negeri.

Raidha di Offline Store Raikeni (Foto: Rizma Riyandi)
Raidha di Offline Store Raikeni (Foto: Rizma Riyandi)

Dalam proses pengembangan, Raikeni menggandeng para pengrajin dari berbagai daerah, mulai dari Pekalongan, Garut, Solo, Cirebon, Jogja, hingga NTT, NTB, Jepara, Medan, dan Bogor. Bahkan, banyak konsumen dari berbagai pulau yang meminta kimono dengan motif khas daerah mereka.

Hal ini membuktikan bahwa Raikeni bukan sekadar produk fesyen, melainkan jembatan yang membawa kain-kain tradisional Indonesia ke panggung modern. Kini, Raikeni telah berkembang pesat dengan produksi sekitar 1.500 pcs per bulan dengan didukung 10 pegawai.

Raidha menuturkan, sekitar 60 persen penjualan berasal dari e-commerce, 30 persen dari instansi, dan sisanya dari penjualan individu serta toko offline. Lebih membanggakan lagi, produk kimono Raikeni sudah merambah pasar internasional.

"Kami sudah mengirimkan produk ke luar negeri juga, termasuk Filipina, Thailand, Singapura, dan Malaysia," ucap Raidha.

Perjalanan Raidha bersama Raikeni menjadi bukti bahwa dengan kreativitas dan ketekunan, setiap usaha pasti akan membuahkan hasil.

Informasi Umum Raikeni

Alamat: Jl. Babakan Jeruk VIII No.18, Sukagalih, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat 40163

Jam Operasional: 08.00 - 16.00 WIB

Telepon: 0813-5762-2104

Instagram: @raikeni

Link Pembelian Produk

1. https://s.shopee.co.id/6KuTIeqbyG

2. https://s.shopee.co.id/6pqjtaXFtK

3. https://s.shopee.co.id/4L9Ov0STw2

4. https://s.shopee.co.id/8pboHHq32m

5. https://s.shopee.co.id/2qKb8Gtmqa

Nilai artikel ini
Klik bintang untuk menilai

Berita Terkait

News Update

Ayo Biz 25 Agu 2025, 17:17 WIB

Myloc Coffee & Cafe: Ketika Warna, Musik, dan Rasa Menyatu di Jantung Braga

Bandung memang kota kuliner tapi Myloc menunjukkan bahwa kuliner bukan hanya soal rasa tapi juga medium ekspresi hingga ruang nostalgia.
Bandung memang kota kuliner tapi Myloc menunjukkan bahwa kuliner bukan hanya soal rasa tapi juga medium ekspresi hingga ruang nostalgia. (Sumber: Ayobandung.id | Foto: Eneng Reni Nuraisyah Jamil)
Ayo Biz 25 Agu 2025, 15:30 WIB

Dari Serum ke Klinik, Adeeva dan Gelombang Baru Bisnis Kecantikan di Bandung

Di tengah geliat industri kecantikan yang terus berkembang, Kota Bandung menjelma menjadi salah satu pusat tren perawatan kulit di Indonesia.
Di tengah geliat industri kecantikan yang terus berkembang, Kota Bandung menjelma menjadi salah satu pusat tren perawatan kulit di Indonesia. (Sumber: dok. Adeeva Aesthetic Clinic)
Ayo Netizen 25 Agu 2025, 15:29 WIB

Diajar Biantara, Ngarasa Reueus Bahasa Sunda

Sabtu Lalu perlombaan Biantara Putra (Pidato Bahasa Sunda) dalam ajang Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Tingkat Kecamatan Cileunyi kelar digelar.
Poster Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) yang berlangsung di berbagai daerah. (Sumber: Youtube/Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa)
Ayo Netizen 25 Agu 2025, 14:34 WIB

Menilik Kasus Pernikahan Anak KDM: Hukum Tajam ke Bawah dan Tumpul ke Atas?

Kasus hajatan Gubernur KDM yang memakan korban menggantung. Tak jelas seperti apa penyidikannya. Situasi akan beda jika rakyat biasa yang alaminya.
Tangkapan layar kekacauan pesta pernikahan anak KDM di Garut. (Sumber: Istimewa)
Ayo Biz 25 Agu 2025, 13:02 WIB

Lumpia Basah Bandung, Kuliner yang Sulit Ditemukan di Kota Lain

Bandung terkenal dengan jajanan tradisional yang selalu dirindukan. Salah satunya adalah lumpia basah, kudapan sederhana dengan isian bengkuang, tauge, dan telur, dibalut kulit lembut lalu disiram sau
Ilustrasi Foto Lumpia Basah (Foto: Dok. Ayobandung.com)
Ayo Biz 25 Agu 2025, 11:44 WIB

Ngopi Sambil Menikmati Suasana Vintage di Roemah Sangrai Tua

Di tengah ramainya Dago, Bandung, ada sebuah kedai kopi baru yang sedang jadi perbincangan. Bukan semata karena racikan kopinya, melainkan suasana yang membuat siapa pun serasa melangkah mundur ke mas
Kopi di Rumah Sangrai Tua (Foto: Dok. Rumah Sangrai tua)
Ayo Netizen 25 Agu 2025, 09:48 WIB

Kritik Sosial Pram terhadap Kondisi Indonesia Era 50-an

Keterbatasan di balik jeruji dan pengasingan justru membuat Pram banyak melahirkan karya luar biasa yang bisa dinikmati.
Midah Si Gadis Bergigi Emas (Sumber: Dinas Arsip dan Perpustakaan Bandung)
Ayo Netizen 25 Agu 2025, 07:58 WIB

Swipe, Match, Ghosting: Cerita Mahasiswa Bandung Mencari Cinta di Aplikasi Kencan

Mahasiswa Bandung berbagi pengalamannya dalam menggunakan aplikasi kencan.
Anak muda sedang menggunakan aplikasi kencan (Sumber: pexels.com | Foto: cottonbro studio)
Ayo Biz 25 Agu 2025, 07:58 WIB

Perjuangan Raidha Bergelut Jadi Pelopor Fashion Kimono Akhirnya Berbuah Manis

Menjadi produktif saat menyelesaikan tesis menjadi titik awal lahirnya Raikeni, brand lokal yang kini dikenal sebagai salah satu pelopor kimono batik di Indonesia
Owner Raikeni, Raidha Nur Afifah (Foto: Rizma Riyandi)
Ayo Netizen 24 Agu 2025, 19:41 WIB

Perempuan, Adat Yappa Maradda, dan Ekspektasi Sosial

Perempuan sering kali menjadi korban dari adat yang masih dipegang teguh bagi lingkungan sekitarnya.
Perempuan Yang Menangis Kepada Bulan Hitam, Karya Dian Purnomo (312 Halaman) (Sumber: Dokumentasi Penulis | Foto: Dias Ashari)
Ayo Netizen 24 Agu 2025, 15:13 WIB

Peran Strategis Bobotoh dalam Ekosistem Sepak Bola Bandung

Bobotoh bukan sekadar penonton, tapi identitas dan energi Persib.
Ribuan Bobotoh memenuhi Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) saat laga Persib, menegaskan peran mereka sebagai identitas dan energi klub kebanggaan Bandung. (Sumber: Dokumentasi Penulis | Foto: Kelvin Nopian Zakaria)
Ayo Netizen 24 Agu 2025, 12:13 WIB

Sewa Rahim dalam Perspektif Hukum dan Etika

Sewa rahim adalah wacana lama yang tak habis dibahas. Bagaimana hukum Indonesia mutakhir memandangnya?
Buku Sewa Rahim (Sumber: PT Refika Aditama | Foto: PT Refika Aditama)
Ayo Netizen 24 Agu 2025, 08:43 WIB

Perempuan, Perjuangan, dan Kemerdekaan

Kemerdekaan bagi perempuan bukan soal melampaui batasan hak laki-laki, tapi kemerdekaan adalah hak bagi setiap manusia.
Perjuangan memang bukan suatu hal yang mudah untuk dijalani, terlebih jika kamu adalah seorang perempuan. (Sumber: Pexels/Min An)
Ayo Biz 24 Agu 2025, 08:40 WIB

Bakso di Bandung dengan Ulasan Terbaik dari Netizen

Bakso selalu punya tempat istimewa di hati pecinta kuliner Indonesia. Hidangan berkuah ini cocok disantap kapan saja.
Ilustrasi Foto Bakso lezat dan nikmat. (Foto: Dok. Ayobandung.com)
Ayo Biz 23 Agu 2025, 21:46 WIB

Bisnis Kecantikan Tak Pernah Tidur: Strategi Beauty World Menaklukkan Pasar Bandung

Bisnis kecantikan tumbuh dari sekadar gaya hidup jadi kebutuhan, dan Bandung kini bukan hanya kota kreatif, tetapi kota dengan daya beli dan selera estetika tinggi.
Bisnis kecantikan tumbuh dari sekadar gaya hidup menjadi kebutuhan, dan Bandung kini bukan hanya kota kreatif, tetapi kota dengan daya beli dan selera estetika yang tinggi. (Sumber: Ayobandung.id | Foto: Eneng Reni Nuraisyah Jamil)
Ayo Biz 23 Agu 2025, 20:48 WIB

Semangat Aditya Warman Menyajikan Rasa Nusantara Lewat Bakmitopia

Lewat semangkuk bakmi, Aditya menjadikan kuliner sebagai cara untuk merayakan warisan rasa dan medium pelestarian budaya.
Sejumlah menu bakmi di Bakmitopia. (Sumber: Ayobandung.id | Foto: Eneng Reni Nuraisyah Jamil)
Ayo Biz 23 Agu 2025, 20:16 WIB

Di Balik Segelas Bajigur: Cerita Rasa, Cuaca, dan Cinta pada Tradisi

Kini, bajigur tak lagi hadir dalam bentuk klasik semata. Inovasi demi inovasi bermunculan, menjadikannya lebih relevan dengan selera masa kini.
Kini bajigur tak lagi hadir dalam bentuk klasik semata. Inovasi demi inovasi bermunculan, menjadikannya lebih relevan dengan selera masa kini. (Sumber: Ayobandung.id)
Ayo Biz 23 Agu 2025, 12:15 WIB

Kimono Raikeni, Outer Kekinian dengan Nuansa Etnik yang Otentik

Berawal dari ide sederhana saat menunggu penyusunan tesis di MBA ITB, Raidha Nur Afifah mendirikan Raikeni pada Mei 2019. Brand lokal ini lahir dari pemikiran tentang produk yang dibutuhkan orang
Owner Raikeni, Raidha Nur Afifah (Foto: Rizma Riyandi)
Ayo Biz 23 Agu 2025, 10:46 WIB

Mau Tahu Toko Kopi Tertua di Bandung?

Di tengah suasana sibuk Kota Bandung, terdapat sebuah toko kopi yang usianya hampir satu abad dan masih berdiri tegak hingga kini. Namanya Javaco Koffie, sebuah merek yang telah menjadi bagian dari se
Toko Kopi Javaco Koffie (Foto: GMAPS)
Ayo Netizen 22 Agu 2025, 20:21 WIB

Nama, Doa, dan Tanda

"Sesungguhnya kalian nanti pada hari kiamat akan dipanggil dengan nama-nama kalian dan nama bapak kalian, maka baguskanlah nama-nama kalian" (HR. Abu Daud).
Viral nama anak hanya satu huruf C, Netizen: terus manggilnya gimana? (Sumber: TikTok | Foto: @_thisisgonec)