AYOBANDUNG.ID - Sejarah Pramuka Indonesia bukanlah kisah yang lahir dalam semalam. Ia tumbuh dari benih kepanduan yang ditanam orang Belanda di tanah jajahan, disiram oleh semangat pemuda bumiputera, lalu berkembang menjadi ratusan organisasi sebelum akhirnya dilebur dalam satu nama: Gerakan Pramuka. Perjalanannya panjang, kadang penuh kebanggaan, kadang juga riuh oleh perpecahan.
Di balik perjalanannya, lambang Pramuka—tunas kelapa—menjadi simbol yang tak lekang waktu, merepresentasikan keteguhan dan kesiapan generasi muda dalam menghadapi tantangan hidup. Bagi banyak orang, memahami makna Pramuka berarti memahami semangat persatuan, kemandirian, dan pengabdian pada bangsa.
Dalam risalah Kepanduan Indonesia di laman Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Indonsia, Untung Widyanto menulis gerakan kepanduan tanah air bermula pada pada 1912. Ketika itu, sekelompok pemuda berlatih ala pandu di Batavia—kota yang kini dikenal sebagai Jakarta. Mereka adalah cabang dari Nederlandsche Padvinders Organisatie, organisasi kepanduan di negeri Belanda. Dua tahun berselang, cabang ini berdiri sendiri dengan nama Nederlands-Indische Padvinders Vereeniging, atau Persatuan Pandu-Pandu Hindia Belanda. Saat itu, sebagian besar anggotanya adalah keturunan Eropa yang hidup di kota-kota besar.
Baru pada 1916, untuk pertama kalinya berdiri organisasi kepanduan yang seluruhnya terdiri dari pemuda bumiputera. Javaansche Padvinders Organisatie itu lahir di bawah tangan Mangkunegara VII, penguasa Keraton Solo. Dari situ, model kepanduan menyebar ke berbagai kelompok berbasis agama, etnis, dan organisasi massa: Hizbul Wathan dari Muhammadiyah, Nationale Padvinderij, Syarikat Islam Afdeling Pandu, Pandu Indonesia, hingga Padvinders Organisatie Pasundan.
Bahkan kerajaan-kerajaan lokal punya kepanduannya sendiri—Kepanduan Kesultanan, Pandu Ansor, Al Wathoni. Umat Kristen punya Tri Darma dan Kepanduan Masehi Indonesia, sementara Katolik membentuk Kepanduan Asas Katolik Indonesia.
Baca Juga: Sejarah Panjat Pinang, Tontonan Belanda Zaman Kolonial yang Berasal dari Tiongkok Selatan
Gerakan ini berkembang pesat. Awal Desember 1934, Bapak Pandu Sedunia, Lord Baden-Powell, datang langsung bersama istrinya, Lady Baden-Powell, serta anak-anak mereka. Mereka mengunjungi Batavia, Semarang, dan Surabaya. Kehadiran tokoh legendaris itu memberi semacam restu internasional bagi kepanduan Hindia-Belanda.
Kepanduan lokal mulai tampil di panggung dunia. Pada Jambore Sedunia 1933 di Hungaria, Hindia-Belanda hanya mengirim delegasi kecil untuk menonton. Namun, pada Jambore 1937 di Belanda, kontingen yang datang jauh lebih beragam. Ada pandu keturunan Belanda, bumiputera dari Batavia dan Bandung, Pandu Mangkunegaran, pandu dari Ambon, serta anggota keturunan Tionghoa dan Arab.
Di tanah air, semangat ini diwujudkan lewat perkemahan besar. Salah satunya All Indonesian Jamboree di Yogyakarta, 19 sampai 23 Juli 1941, yang dikenal dengan nama “Perkemahan Kepanduan Indonesia Oemoem”. Perkemahan ini menjadi panggung persatuan, meski bayang-bayang perang dunia sudah menggelayut.
Pendudukan Jepang mengubah segalanya. Banyak kegiatan kepanduan dibekukan atau diarahkan untuk mendukung kepentingan militer pendudukan. Setelah kemerdekaan, barulah semangat itu bangkit kembali. Pada 27–29 Desember 1945, di Surakarta, digelar Kongres Kesatuan Kepanduan Indonesia yang melahirkan Pandu Rakyat Indonesia sebagai satu-satunya organisasi kepanduan di republik yang baru lahir.
Tapi, pada 1948, ketika Belanda melancarkan agresi militer, Pandu Rakyat dilarang di wilayah yang mereka kuasai. Dari larangan ini, lahirlah lagi organisasi-organisasi baru seperti Kepanduan Putera Indonesia, Pandu Puteri Indonesia, dan Kepanduan Indonesia Muda. Kepanduan Indonesia pun kembali terpecah.
Pada satu titik, jumlah organisasi mencapai seratus, tergabung dalam Persatuan Kepanduan Indonesia atau Perkindo. Ironisnya, jumlah perkumpulan jauh lebih banyak daripada jumlah anggota yang sesungguhnya aktif. Masih ada rasa golongan yang kental, yang membuat Perkindo rapuh. Presiden Soekarno, yang tidak suka melihat rakyatnya terpecah belah, mulai memikirkan jalan keluarnya.
Pada awal Oktober 1959, saat berkunjung ke Perkemahan Besar Persatuan Kepanduan Puteri Indonesia di Desa Semanggi, Ciputat, Bung Karno melemparkan gagasan untuk menyatukan semua kepanduan dalam satu wadah. Ia kemudian mengumpulkan para tokoh kepanduan, menunjuk Sri Sultan Hamengku Buwono IX, Prijono, Azis Saleh, Achmadi, dan Muljadi Djojo Martono untuk membentuk panitia peleburan.
Gagasan ini kemudian bergulir cepat. Pada 9 Maret 1961, nama “Pramuka” diresmikan dan hari itu dikenang sebagai Hari Tunas Gerakan Pramuka. Lalu, 20 Mei 1961, terbit Keputusan Presiden Nomor 238 Tahun 1961 yang dikenal sebagai Hari Permulaan Tahun Kerja. Pada 20 Juli 1961, para wakil organisasi kepanduan menyatakan ikrar melebur menjadi Gerakan Pramuka dalam sebuah acara di Istana Olahraga Senayan. Dan pada 14 Agustus 1961, Gerakan Pramuka diperkenalkan secara resmi kepada masyarakat lewat upacara di halaman Istana Negara.
Baca Juga: Parlemen Pasundan dan Sejarah Gagalnya Siasat Federalisme Belanda di Tanah Sunda
Hari itu, Presiden Soekarno menyerahkan Panji Gerakan Pramuka kepada Sri Sultan Hamengku Buwono IX, yang menjadi Ketua pertama Kwartir Nasional. Panji itu kemudian dibawa defile Pramuka keliling Jakarta, menandai babak baru sejarah kepanduan di Indonesia. Sejak saat itu, setiap 14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka.
Lord Baden-Powell dan Sejarah Pramuka Dunia
Dalam artikel Kepanduan Dunia yang juga terbit di laman resmi Pramuka Idonesia, diuraika ahwa akar sejarah Pramuka Indonesia menembus jauh ke luar negeri, menuju Inggris di akhir abad ke-19. Di sana, seorang perwira muda bernama Robert Stephenson Smyth Baden-Powell, kelak bergelar Lord Baden-Powell of Gilwell, menjalani karier militer yang membawanya ke India, Afganistan, Zulu, Ashanti, dan Afrika Selatan.

Pengalaman paling terkenalnya adalah saat terkepung bangsa Boer di Mafeking selama 127 hari. Dalam situasi itu, ia memanfaatkan segala keterampilan lapangan, mulai dari mengintai musuh hingga bertahan hidup dengan sumber terbatas. Pengalaman ini ia tuangkan dalam buku Aids to Scouting, yang awalnya dimaksudkan sebagai panduan bagi tentara. Buku itu memuat teknik membaca jejak, mengenali tanaman yang aman dimakan, mencari air bersih, dan menentukan arah tanpa melihat matahari.
Pada 1907, dua puluh satu pemuda dari kelompok Boys Brigade mengundangnya untuk menguji isi buku itu lewat perkemahan di Pulau Brownsea. Perkemahan berlangsung delapan hari, penuh dengan petualangan dan latihan keterampilan hidup di alam. Dari pengalaman itu lahirlah Scouting for Boys pada 1908, buku panduan yang menjadi fondasi gerakan Boy Scouts.
Gerakan ini segera menyebar ke berbagai negara. Untuk anak perempuan, Baden-Powell bersama adiknya Agnes dan kemudian istrinya Olave, mendirikan Girl Guides. Cub Scouts lahir untuk anak usia siaga, terinspirasi dari kisah The Jungle Book karya Rudyard Kipling. Bagi remaja yang sudah lewat usia penggalang, dibentuk Rover Scouts dengan buku Rovering to Success.
Pada Jambore Dunia pertama di London tahun 1920, Baden-Powell diangkat sebagai Chief Scout of the World. Gelar kebangsawanan “Lord” ia terima pada 1929. Ia berkeliling dunia, termasuk mengunjungi Batavia pada 3 Desember 1934, sebelum menghabiskan masa tuanya di Nyeri, Kenya. Di sanalah ia wafat pada 8 Januari 1941.
Baca Juga: Serdadu Cicalengka di Teluk Tokyo, Saksi Sejarah Kekalahan Jepang di Perang Dunia II
Warisan Baden-Powell melintasi zaman. Di Indonesia, ia menyatu dengan semangat kebangsaan yang dipimpin oleh tokoh-tokoh nasional. Dari Padvinders Hindia-Belanda, Pandu Rakyat Indonesia, hingga Gerakan Pramuka, jejak pemikiran Baden-Powell tetap hadir. Pramuka Indonesia mungkin telah berkembang dengan ciri khas sendiri, namun semangat dasarnya tak berubah: mendidik generasi muda untuk tangguh, mandiri, dan mengabdi kepada bangsa.