Mekar di Bawah Langit Bandung: Kisah Legendaris Seger Snow antara Tradisi dan Inovasi

Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Ditulis oleh Eneng Reni Nuraisyah Jamil diterbitkan Selasa 20 Mei 2025, 15:41 WIB
Kisah legendaris Seger Snow, brand produk skincare and haircare asli Bandung yang telah menyemai kecantikan yang diwariskan dari generasi ke generasi. (Sumber: Ayobandung.id | Foto: Eneng Reni Nuraisyah Jamil)

Kisah legendaris Seger Snow, brand produk skincare and haircare asli Bandung yang telah menyemai kecantikan yang diwariskan dari generasi ke generasi. (Sumber: Ayobandung.id | Foto: Eneng Reni Nuraisyah Jamil)

AYOBANDUNG.ID -- Di jantung Kota Bandung, di antara lembutnya angin yang membawa bisikan sejarah, Seger Snow muncul bak melodi yang tak lekang oleh waktu.

Brand skincare and haircare asli Bandung ini telah menyemai kecantikan yang diwariskan dari generasi ke generasi, menciptakan jalinan kisah penuh kehangatan dan kebanggaan akan produk asli Indonesia

Bagaimana tidak? Kisah legendaris Seger Snow, sebagai pionir produk perawatan rambut dan wajah asli Indonesia telah menyentuh hati masyarakat selama tujuh dekade lebih.

Seperti alunan melodi nostalgia, kehadiran brand ini mengisahkan perjalanan waktu yang mengukir keindahan dalam setiap generasi.

“Sebagai produk perawatan yang telah dipakai dari generasi ke generasi, kami ingin menciptakan kebanggaan menggunakan produk asli Indonesia kepada generasi muda,” ungkap Aan Suryadi, direksi PT Seger Surya sekaligus pemilik merek dagang Seger Snow.

Kata-kata Aan itu seolah menggema, membawa harapan sekaligus tantangan jenamanya untuk terus berdiri teguh di tengah derasnya arus modernitas.

Aan bercerita, di tahun 1954, ketika embun pagi masih menyapa dengan kesegaran tradisi, lahirlah rangkaian produk yang kini dikenal sebagai Seger Urang Aring, Seger Kemiri, dan Seger Snow Moisturizer Cream.

Produk-produk ini, bagaikan bunga liar yang mekar di celah-celah sejarah, terus mempertahankan pesonanya hingga kini. Lini produk ini bahkan masih menjadi salah satu ikon produk legendaris yang sampai saat ini masih dijual dan diminati oleh masyarakat.

Di era kejayaannya, dukungan masyarakat yang setia memberikan nyawa baru, menjadikan legasi tersebut bukan sekadar warisan, namun juga bujuk rasa yang abadi.

Setiap butir kenangan yang terpatri mengukir kisah legendaris yang kian mendayu, menyanyikan puisi kecantikan dan kepercayaan yang tak pernah pudar. 

Hingga 1974, seiring dengan mekarnya varian produk dan berkembangnya harapan, PT Seger Surya pun lahir. Sebuah tonggak yang semakin mengokohkan langkah Seger Snow dalam kancah persaingan perawatan wajah lokal Tanah Air.

Aan mengatakan, brand yang telah mencapai usia 7I tahun ini merupakan salah satu dari sedikit merek perawatan wajah yang tidak hanya mampu bertahan.

Selain dari kualitas, Aan menyebutkan, salah satu kunci diterimanya produk Seger Snow di masyarakat dari dulu hingga kini dalam rentan waktu yang begitu lama adalah dari sisi kemanan produk.

“Untuk terus dapat bersaing dengan berbagai brand yang meramaikan pasar perawatan wajah, berbagai strategi terus dilakukan hingga usia lebih dari tujuh dekade ini,” ungkap Aan.

Dengan tekad dan inovasi, brand yang telah mencapai usia 71 tahun ini tidak hanya bertahan, melainkan terus berkembang, menyajikan ragam produk yang meresapi kebutuhan dan keinginan masyarakat Indonesia.

Lebih dari sekadar kualitas, kepercayaan masyarakat tumbuh dari jaminan keamanan yang terpatri di setiap produknya. Tak hanya mengandalkan daya tarik nostalgia, Aan memastikan, setiap bahan baku yang digunakan dipilih dengan ketelitian sesuai ketentuan Cara Pembuatan Kosmetika yang Baik (CPKB) kelas A.

Semua produk Seger Snow telah terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan Republik Indonesia (BPOM RI) dan memperoleh sertifikasi Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) serta BPJPH Kemenag RI, memastikan setiap tetes produknya menyentuh hati dengan keamanan yang tak tergoyahkan.

Semangat inovasi Seger Snow pun merambah ke setiap sudut peredaran, tidak hanya hadir di sudut-sudut toko tradisional dan minimarket modern, tetapi juga mengukir hadir di dunia digital melalui marketplace terkemuka.

Langkah ini demi memastikan bahwa sentuhan keindahan dan kepercayaan dalam setiap produk dapat diakses dengan mudah oleh konsumen, kapan pun mereka membutuhkan. Pada akhirnya, Seger Snow bukan hanya sekadar brand kecantikan, ia adalah simbol dari keberanian, inovasi, dan keabadian tradisi.

Kini, dengan usia yang telah menginjak 71 tahun, Seger Snow terus menari dalam irama perubahan zaman. Selain menjadi saksi bisu perjalanan keindahan Indonesia, brand ini juga menjadi simbol harapan bagi wanita untuk merawat diri dengan bangga, aman, dan penuh kualitas asli Tanah Air.

Seperti janji yang ditulis, Aan menutup kisah dengan penuh harapan: “kami ingin, produk Seger Snow dapat terus mendampingi wanita Indonesia dalam merawat kecantikannya dengan produk yang aman, berkualitas, dan tentunya asli Tanah Air."

Dengan semangat yang terus menggelora tersebut, kisah ini mengingatkan bahwa kecantikan sejati tak lekang oleh waktu, dan warisan asli Indonesia layaknya kisah legendaris Seger Snow akan selalu menemukan jalannya untuk mekar kembali, meski diterpa badai zaman.

Informasi umum dan E-commerce Seger Snow

Website: https://segersnow.com

Tokopedia: https://www.tokopedia.com/segersurya

Shopee: https://shopee.co.id/segersuryaofficial

Lazada: https://www.lazada.co.id/shop/seger-snow

Tiktok: https://www.tiktok.com/@official.segersnow

Nilai artikel ini
Klik bintang untuk menilai

Berita Terkait

News Update

Ayo Netizen 24 Agu 2025, 15:13 WIB

Peran Strategis Bobotoh dalam Ekosistem Sepak Bola Bandung

Bobotoh bukan sekadar penonton, tapi identitas dan energi Persib.
Ribuan Bobotoh memenuhi Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) saat laga Persib, menegaskan peran mereka sebagai identitas dan energi klub kebanggaan Bandung. (Sumber: Dokumentasi Penulis | Foto: Kelvin Nopian Zakaria)
Ayo Netizen 24 Agu 2025, 12:13 WIB

Sewa Rahim dalam Perspektif Hukum dan Etika

Sewa rahim adalah wacana lama yang tak habis dibahas. Bagaimana hukum Indonesia mutakhir memandangnya?
Buku Sewa Rahim (Sumber: PT Refika Aditama | Foto: PT Refika Aditama)
Ayo Netizen 24 Agu 2025, 08:43 WIB

Perempuan, Perjuangan, dan Kemerdekaan

Kemerdekaan bagi perempuan bukan soal melampaui batasan hak laki-laki, tapi kemerdekaan adalah hak bagi setiap manusia.
Perjuangan memang bukan suatu hal yang mudah untuk dijalani, terlebih jika kamu adalah seorang perempuan. (Sumber: Pexels/Min An)
Ayo Biz 24 Agu 2025, 08:40 WIB

Bakso di Bandung dengan Ulasan Terbaik dari Netizen

Bakso selalu punya tempat istimewa di hati pecinta kuliner Indonesia. Hidangan berkuah ini cocok disantap kapan saja.
Ilustrasi Foto Bakso lezat dan nikmat. (Foto: Dok. Ayobandung.com)
Ayo Biz 23 Agu 2025, 21:46 WIB

Bisnis Kecantikan Tak Pernah Tidur: Strategi Beauty World Menaklukkan Pasar Bandung

Bisnis kecantikan tumbuh dari sekadar gaya hidup jadi kebutuhan, dan Bandung kini bukan hanya kota kreatif, tetapi kota dengan daya beli dan selera estetika tinggi.
Bisnis kecantikan tumbuh dari sekadar gaya hidup menjadi kebutuhan, dan Bandung kini bukan hanya kota kreatif, tetapi kota dengan daya beli dan selera estetika yang tinggi. (Sumber: Ayobandung.id | Foto: Eneng Reni Nuraisyah Jamil)
Ayo Biz 23 Agu 2025, 20:48 WIB

Semangat Aditya Warman Menyajikan Rasa Nusantara Lewat Bakmitopia

Lewat semangkuk bakmi, Aditya menjadikan kuliner sebagai cara untuk merayakan warisan rasa dan medium pelestarian budaya.
Sejumlah menu bakmi di Bakmitopia. (Sumber: Ayobandung.id | Foto: Eneng Reni Nuraisyah Jamil)
Ayo Biz 23 Agu 2025, 20:16 WIB

Di Balik Segelas Bajigur: Cerita Rasa, Cuaca, dan Cinta pada Tradisi

Kini, bajigur tak lagi hadir dalam bentuk klasik semata. Inovasi demi inovasi bermunculan, menjadikannya lebih relevan dengan selera masa kini.
Kini bajigur tak lagi hadir dalam bentuk klasik semata. Inovasi demi inovasi bermunculan, menjadikannya lebih relevan dengan selera masa kini. (Sumber: Ayobandung.id)
Ayo Biz 23 Agu 2025, 12:15 WIB

Kimono Raikeni, Outer Kekinian dengan Nuansa Etnik yang Otentik

Berawal dari ide sederhana saat menunggu penyusunan tesis di MBA ITB, Raidha Nur Afifah mendirikan Raikeni pada Mei 2019. Brand lokal ini lahir dari pemikiran tentang produk yang dibutuhkan orang
Owner Raikeni, Raidha Nur Afifah (Foto: Rizma Riyandi)
Ayo Biz 23 Agu 2025, 10:46 WIB

Mau Tahu Toko Kopi Tertua di Bandung?

Di tengah suasana sibuk Kota Bandung, terdapat sebuah toko kopi yang usianya hampir satu abad dan masih berdiri tegak hingga kini. Namanya Javaco Koffie, sebuah merek yang telah menjadi bagian dari se
Toko Kopi Javaco Koffie (Foto: GMAPS)
Ayo Netizen 22 Agu 2025, 20:21 WIB

Nama, Doa, dan Tanda

"Sesungguhnya kalian nanti pada hari kiamat akan dipanggil dengan nama-nama kalian dan nama bapak kalian, maka baguskanlah nama-nama kalian" (HR. Abu Daud).
Viral nama anak hanya satu huruf C, Netizen: terus manggilnya gimana? (Sumber: TikTok | Foto: @_thisisgonec)
Ayo Jelajah 22 Agu 2025, 18:17 WIB

Sejarah Kuda Renggong Sumedang, Tradisi Pesta Khitanan Simbol Gembira Rakyat Priangan

Dari khitanan desa hingga festival, Kuda Renggong Sumedang tetap jadi ikon budaya yang memikat penonton dengan kuda penari.
Tradisi Kuda Renggong Sumedang. (Sumber: Skripsi Nurmala Mariam)
Ayo Biz 22 Agu 2025, 18:05 WIB

Jamu Naik Kelas: Minuman Herbal Nusantara yang Menjawab Tantangan Cuaca dan Budaya

Jamu, simbol kearifan lokal yang menyatu dengan budaya dan gaya hidup masyarakat Jawa, kini hadir dengan wajah baru yang lebih segar dan modern.
Jamu, simbol kearifan lokal yang menyatu dengan budaya dan gaya hidup masyarakat Jawa, kini merambah ke berbagai daerah dengan wajah baru yang lebih segar dan modern. (Sumber: Ayobandung.id | Foto: Eneng Reni Nuraisyah Jamil)
Ayo Netizen 22 Agu 2025, 17:04 WIB

Etika Profesi dan Perlindungan Rahasia Klien

Pentingnya etika profesi advokat dalam menjaga kerahasiaan klien sebagai fondasi kepercayaan, integritas, dan keadilan dalam proses peradilan.
Pentingnya etika profesi advokat dalam menjaga kerahasiaan klien sebagai fondasi kepercayaan, integritas, dan keadilan dalam proses peradilan. (Sumber: Pexels/KATRIN BOLOVTSOVA)
Ayo Biz 22 Agu 2025, 16:40 WIB

Warung Nasi SPG dan Jejak Para SPG di Sepiring Ayam Serundeng

Yang paling menarik dari Warung Nasi SPG bukan cuma makanannya, nama “SPG” yang melekat pada warung ini pun punya cerita yang unik.
Warung Nasi SPG, sebuah warung kaki lima yang sudah jadi legenda di kalangan pekerja dan mahasiswa sejak awal 2000-an. (Sumber: dok. Warung Nasi SPG)
Ayo Netizen 22 Agu 2025, 16:18 WIB

Chip dalam Tengkorak, Jiwa dalam Kode: Pada Batasan Neuralink

Inilah janji Neuralink, sebuah terobosan yang mengaburkan batas antara biologi dan teknologi, antara manusia dan mesin.
Inilah janji Neuralink, sebuah terobosan yang mengaburkan batas antara biologi dan teknologi, antara manusia dan mesin. (Sumber: Pexels/cottonbro studio)
Ayo Netizen 22 Agu 2025, 15:02 WIB

Payment ID Bisakah Jadi Pintu ke Masa Depan Ekonomi Digital Indonesia?

Payment ID tidak hanya menyangkut inovasi teknologi, tetapi juga menyentuh aspek strategis dalam mewujudkan ekonomi digital.
Payment ID Sebagai Kunci Masa Depan Ekonomi Digital Foto: (Ilustrasi oleh AI)
Ayo Biz 22 Agu 2025, 14:41 WIB

Bisnis Bukan Sekadar Jualan: Visi Christine Membangun Makna dan Dampak Lewat Sherpa Indo Project

Christine Wink Surya, pendiri Sherpa Indo Project, menegaskan bahwa memahami target pasar adalah fondasi utama sebelum produk diluncurkan.
Christine Wink Surya, pendiri Sherpa Indo Project. (Sumber: instagram.com/christine_sherpa)
Ayo Netizen 22 Agu 2025, 13:30 WIB

Kritik Sosial dalam Doa Orang Sunda

Doa orang Sunda hadir sederhana di keseharian, jadi pengikat relasi dan tanda solidaritas rakyat.
Doa orang Sunda hadir sederhana di keseharian, jadi pengikat relasi dan tanda solidaritas rakyat. (Sumber: Pexels/Andreas Suwardy)
Ayo Jelajah 22 Agu 2025, 11:27 WIB

Senjakala Sepeda Boseh Bandung: Ramai Saat Weekend, Sepi Saat Weekday

Program sewa sepeda Boseh Bandung hadir sejak 2017, tapi kini lebih ramai dipakai saat akhir pekan ketimbang hari biasa.
Bike on the Street Everybody Happy alias Sepeda Boseh Bandung di salah satu shelter. (Sumber: Ayobandung)
Ayo Biz 22 Agu 2025, 11:01 WIB

Dari Sisa Spon Jadi Produk Estetik, Rumah Sandal Geulis Tembus Pasar Global

Bermula dari eksperimen membuat sandal untuk kebutuhan anak di sekolah, Rumah Sandal Geulis (RSG) kini menjelma menjadi merek lokal yang dikenal hingga ke mancanegara. Usaha yang digagas oleh Enneu
Produk Rumah Sandal Geulis. (Foto: Rizma Riyandi)