AYOBANDUNG.ID -- Dalam lanskap bisnis kreatif yang terus berkembang, dua brand lokal asal Bandung, Amble dan Wallts Wallet, menunjukkan bagaimana kolaborasi lintas produk bisa menjadi strategi yang tak hanya menguntungkan secara ekonomi, tetapi juga bermakna secara sosial.
Kolaborasi ini dimulai dari kedekatan antarpendiri dan kesamaan visi. Boy Budiman dari Amble menyebut bahwa proses kerja sama berjalan lancar berkat hubungan personal yang sudah terjalin.
“Berawal dari circle terdekat dan saling mengenal, lalu bertemu dan berdiskusi bersama,” ungkap Boy.
Hasilnya adalah integrasi produk dari dua sektor berbeda, di mana Amble menghadirkan sepatu wanita Alice Esteem dan Mora Esteem, sementara Wallts Wallet merilis card wallet Kara Esteem.
Merek-merek ini tidak hanya menggabungkan fungsi dan estetika, tetapi juga memperkuat strategi cross-market yang memperluas jangkauan konsumen masing-masing.
Namun, yang membuat kolaborasi ini unik adalah keberanian mereka menyatukan nilai bisnis dengan isu sosial. Mengangkat tema Social Bullying & Self Love, Amble dan Wallts menghadirkan produk yang secara visual menyampaikan pesan penting.

Untuk memperkuat pesan tersebut, mereka menggandeng visual artist asal Bandung, Aditya Pratama alias Sarkodit, sebagai mitra kreatif. Kolaborasi tiga pihak ini diberi nama Amble x Wallts x Sarkodit.
“Sarkodit dipilih agar eksekusi artwork yang ada pada produk kami dapat diterjemahkan secara matang dan dalam,” kata Boy.
Menurut Sarkodit, motif yang ia desain memiliki fungsi sebagai pengingat untuk mencintai dan menghargai diri sendiri.
“Itu menjadi sebuah aksi nyata untuk melawan fenomena social bullying antar sesama manusia,” ungkapnya.
Kolaborasi ini menjadi contoh nyata bagaimana sinergi brand bisa menghasilkan dampak berlapis, di mana penguatan identitas bisnis, perluasan pasar, dan kontribusi sosial.
Muhammad Azwin, Founder Wallts, menyatakan pentingnya nilai self love bagi setiap individu. “Self love dibutuhkan kapan pun selama kita hidup,” tegasnya.
Azwin pun berharap, kolaborasi ini membuka jalan bagi lebih banyak brand lokal dan seniman visual untuk berinovasi bersama, tidak hanya demi profit, tapi juga demi perubahan sosial.
“Tidak hanya mementingkan materi semata, tapi harus memberikan dampak positif bagi orang banyak,” ujarnya.
Informasi kolaborasi Amble dan Wallts Wallet
Link pembelian produk: