AYOBANDUNG.ID -- Di tengah dinginnya kabut pagi Lembang yang menyelimuti Orchid Forest Cikole, dua brand lokal menyulam narasi baru tentang fashion.
Bukan sekadar tren, tapi sebuah gerakan sadar lingkungan. Jion Studios dan nanas.id tak hanya memperagakan busana, mereka mempresentasikan perubahan.
Dibalut lanskap hutan pinus dan anggrek liar, peragaan busana Collaforestion bukan fashion show biasa lantaran mengusung estetika alam sebagai panggung.
Dengan siluet resort wear yang ringan, fungsional, dan berjiwa tropis, Jion Studios mencuri perhatian lewat koleksi linen organik yang memberi ruang bagi tubuh dan bumi untuk bernapas.
"Jion Studios mengusung beberapa koleksi yang menggunakan detail material organik dan ramah lingkungan sehingga produk kami tidak berdampak kerusakan pada lingkungan,” ujar Founder Jion Studios, Wildi Cahya.

Bagi Wildi, memilih linen bukan sekadar soal tekstur atau tren. Siluet ini adalah simbol dari gaya hidup tropis yang tak memaksa tubuh beradaptasi, tapi memberi kenyamanan dalam desain yang tetap modis.
“Linen juga sangat nyaman dan dingin digunakan saat liburan di pantai. Makanya kami menamakanya resort wear,” jelasnya.
Jion Studios mengambil pendekatan yang berbeda, desain oversized untuk pria yang ingin tampil santai namun tetap stylish. Potongan loose dengan detail minimalis memberi kesan modern yang tidak rigid.
"Saat summer orang pasti memilih bahan yang menyerap keringat dan tidak nge-press di badan, apalagi buat cowok, tampilannya tetap catchy,” katanya.
Sementara Jion Studios berbicara tentang kenyamanan, nanas.id menghadirkan narasi tentang inovasi bahan. Semangat mereka terlihat dalam kolaborasi yang mendorong nilai-nilai lokal.
Sebagai brand yang dikenal mengolah serat daun nanas, nanas.id membawa angin segar dalam industri fashion yang kerap mengabaikan limbah agrikultur. Mereka membuktikan bahwa kreativitas tak harus berbasis impor, dan bisa tumbuh dari ladang lokal.

Di balik estetika alam yang memukau, Orchid Forest Cikole mengambil peran penting sebagai fasilitator gerakan mode ramah lingkungan.
Event marketing Orchid Forest Cikole, Diki Irdan, menyampaikan bahwa tempat ini bukan hanya ruang wisata, tapi wadah bagi eksplorasi kreatif generasi muda.
“Dengan kolaborasi ini diharapkan kalangan muda semakin tertarik untuk datang menikmati alam. Muncul ide-ide kreatif seperti pagelaran-pagelaran musik dan juga fashion,” ucap Diki.
Kolaborasi Jion Studios, nanas.id, dan Orchid Forest bukan sekadar proyek satu kali, namun model mikro untuk transformasi industri mode Indonesia bahwa UMKM punya ruang untuk mendefinisikan ulang apa itu fashion sebuah ekspresi gaya hidup yang berempati, bukan hanya konsumtif.
Orchid Forest pun menjadi tempat sekaligus platform yang berkomitmen terhadap keberlanjutan membuatnya terbuka bagi pegiat mode yang membawa misi serupa.
"Ke depan Orchid Forest sangat terbuka menerima beragam kriteria fashion, konsep yang dikedepankan sejalan dengan market dan standar yang diusung kami sebagai destinasi wisata,” ujarnya.
Informasi Jion Studios
Instagram: https://www.instagram.com/jionstudios
Link produk fashion brand Jion Studios:
Informasi nanas.id
Instagram: https://www.instagram.com/nanas_id
Link produk fashion brand nanas.id: