Setiap awal tahun, tepatnya pada Februari, masyarakat setempat melaksanakan upacara ngaruat Gunung Manglayang, tradisi turun-temurun yang dipercaya sebagai bentuk penghormatan kepada alam sekaligus upaya menjaga keseimbangannya.
Pagi itu pun, Minggu (9/11/2025), udara sejuk dan kabut tipis menyelimuti kawasan Batu Kuda, Gunung Manglayang, Bandung Timur, ketika puluhan warga tampak sibuk mempersiapkan sesajen dan perlengkapan ritual.
“Kalau ngaruat itu aktivitas untuk memotong atau menjauhkan hal-hal yang bersifat negatif, baik bagi diri sendiri maupun lingkungan.” Ujar Venol, anggota divisi Atikan Manglayang.
Menurut Venol, tradisi ngaruat telah berlangsung sejak lama dan berakar dari kisah dalam naskah klasik Sudamala, tentang tokoh Sadewa yang meruat Durganini, istri Dewa Siwa, untuk menghapus kutukan.
“Seiring berjalannya waktu, tradisi ini tetap lestari. Bahkan ketika ajaran Islam masuk, ngaruat tidak ditinggalkan, justru dipadukan tanpa mengubah maknanya,” jelasnya.
Pelaksanaan ngaruat di Gunung Manglayang dilakukan setahun sekali pada bulan Februari. Prosesi dimulai dengan ritual memohon izin, yang hanya diikuti oleh juru kunci dan sesepuh. Di akhir bulan, dilanjutkan dengan ruatan ageung atau ruatan besar yang melibatkan masyarakat luas, komunitas pecinta alam, serta pemerhati budaya.
Sebelum pelaksanaan, para sesepuh biasanya menjalani puasa dan menyiapkan berbagai perlengkapan upacara. Ada tahapan mipit amit yaitu rangkaian prosesi doa untuk meminta izin ketika hendak melakukan sesuatu, biasanya dihadiri oleh terbatas orang dan tidak terbuka untuk umum.
Upacara ini juga menjadi simbol kepedulian lingkungan. Setelah prosesi doa dan pemotongan hewan, masyarakat melakukan penanaman pohon di sekitar kawasan hutan. Jenis pohon yang dipilih biasanya pohon ficus, seperti beringin, kiara, bunut, koang dan lainnya sebagai lambang keseimbangan dan kelestarian alam.
“Makna utama ngaruat bukan sekadar ritual spiritual, tapi juga wujud nyata menjaga lingkungan. Gunung adalah sumber kehidupan karena di sanalah air berasal. Kalau gunung rusak, kehidupan di bawahnya pun ikut terganggu,” kata Venol menegaskan.
Meski modernisasi membawa cara pandang berbeda di kalangan masyarakat, Venol menilai tradisi ini tetap bertahan. Ia mengakui, sebagian orang kini menganggap ngaruat sudah tidak relevan, tetapi masyarakat sekitar memilih mempertahankannya sebagai warisan budaya dan media edukasi tentang konservasi alam.
Nilai-nilai ngaruat juga diwariskan secara turun-temurun. Warga kerap mengajak anak-anak mereka menyaksikan dan ikut serta dalam prosesi agar memahami makna spiritual dan ekologisnya. Penduduk gunung manglayang mengajarkan melalui pengamatan langsung, dengan begitu anak anak bisa merasakan sendiri nilai kebersamaan dan penghormatan terhadap alam.
Bagi masyarakat Gunung Manglayang, ngaruat bukan sekadar tradisi, melainkan bagian dari jati diri. Upacara ini menjadi pengingat bahwa menjaga keseimbangan alam sama pentingnya dengan menjaga keseimbangan batin. Selama masih ada yang percaya dan melaksanakan dengan tulus, tradisi ngaruat diyakini akan terus hidup di kaki Gunung Manglayang. (*)
