AYOBANDUNG.ID -- Di era persaingan global, Niion berdiri sebagai bukti bahwa brand lokal atau UMKM Bandung bisa memiliki karakter kuat dan tak gentar bersanding dengan nama-nama besar dunia.
Sejak awal berdiri pada 2013, brand spesialis tas ini tidak hanya menawarkan produk, tetapi juga menyematkan filosofi keberanian, menjadikan fesyen sebagai ekspresi diri dan kebanggaan karya anak bangsa.
Founder Niion, Adit Yara, memahami bahwa menciptakan produk lokal yang berkelas butuh strategi. Oleh karena itu, sejak awal, Niion menghadirkan tiga segmen harga yang mencerminkan jenjang kualitas produknya di antaranya Basic (Rp100.000-200.000), Urban (Rp200.000-500.000), dan Sterling (Rp350.000 hingga tak terbatas).
Strategi ini adalah bagian dari misi besar Niion untu menunjukkan bahwa produk lokal bisa memiliki prestise, asalkan hadir dengan kualitas, desain, dan branding yang solid.
Lebih dari sekadar barang, Adit menyakini, setiap koleksi Niion adalah bagian dari perjalanan membangun identitas dalam dunia fesyen.

"Kami yakin produk lokal bisa memiliki harga premium, asalkan memiliki karakter, desain, branding, serta nilai autentik yang dibangun dengan kesadaran," ujar Adit dengan penuh optimisme.
Oleh karenanya, dalam setiap langkahnya, Niion tak hanya membangun produk, tetapi juga ekosistem brand yang memiliki identitas kuat.
Adit ingin mengubah cara pandang pasar, agar konsumen membeli produk bukan karena harga, tetapi karena makna dan filosofi di balik sebuah merek.
Dengan pendekatan ini, Adit berharap masyarakat tidak lagi menjadikan harga sebagai patokan utama, tetapi lebih menghargai nilai yang tercipta dari sebuah produk dan brand.
"Kami ingin membangun mazhab, seperti merek internasional yang memiliki pengikut setia. Kami mau Niion bukan hanya sekadar nama, tapi sebuah pengalaman. Kami mau pasar beli bukan lihat dari harganya lagi tapi dari merek Niion sendiri,” ungkap Adit.
Visi ini membuat Niion tak hanya berkompetisi dengan merek lokal lain, tetapi juga melangkah dengan percaya diri di panggung global.
Tak hanya strategi bisnis, identitas produk Niion juga turut menjadi daya tarik tersendiri. Buktinya, keunikan Niion semakin nyata lewat konsep See Through, sebuah pendekatan desain yang menantang pemakainya untuk berani tampil apa adanya.
Co-founder sekaligus desainer Niion, Rangga Yuzar, menjelaskan bahwa filosofi dan konsep See Through bukan sekadar estetika atau tren, tetapi sebuah pernyataan sikap yang berani.

Tas transparan dengan karakter eksperimental dan ekspresif itu menjadi simbol bagi mereka yang tak takut menunjukkan identitasnya.
Tak heran, konsep ini sukses menarik perhatian di berbagai kesempatan, termasuk di Agenda Show Las Vegas pada Agustus 2019.
Menariknya, saat itu mereka hanya berniat memamerkan koleksi bertema See Through, namun koleksi Sterling juga mencuri perhatian pengunjung.
"Konsep See Through atau pun Sterling adalah pertemuan antara seni dan sains. Ini adalah representasi masa depan bagi jiwa yang bebas dan ekspresif dalam gayanya," ujar Rangga.
Melalui desain yang inovatif dan visi yang kuat, Niion terus membuktikan bahwa merek lokal tak hanya mampu bertahan, tetapi juga bersinar dengan identitasnya sendiri di dunia fesyen.
Dengan nilai, karakter, dan filosofi yang terpatri dalam setiap produknya, Niion telah menegaskan bahwa fesyen bukan hanya tentang penampilan melainkan juga tentang keberanian untuk menjadi diri sendiri.
Informasi umum brand lokal Niion
Alamat flagship store di Jalan Kemuning No.8A, Merdeka, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung
Website: https://niion.co
Instagram: https://www.instagram.com/niion_id
Shopee: https://shopee.co.id/niion_id
Tokopedia: https://www.tokopedia.com/niion-official
Tiktok: https://www.tiktok.com/@niion_id